SAMADE Dilibatkan Pada Program Sawit Rakyat (PSR) Replanting

Pahala Sibuea (tengah), Ketua DPP SAMADE
Foto from : Sawit Plus

Kiprah Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE) Di industri Kelapa Sawit memang sangat nyata. Meskipun belum genap berumur 2 tahun, namun manfaatnya sudah dirasakan oleh petani, terutama tersosialisasi nya benih unggul resmi. Selain itu, SAMADE merupakan Asosiasi yang berbasis Petani, dan memiliki data petani berikut kebunnya yang riil dan terkoordinir rapi oleh pengurusnya. Faktor data inilah yang menjadi salah satu penyebab diliriknya SAMADE pada program-program pemerintah. Karena pemerintah tidak mau mengambil resiko realisasi program yang datanya abu-abu.

Berkenaan dengan hal ini, pada tanggal 13 Agustus 2018, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian  Ir. Musdalifah Machmud, MT, mengundang Asosiasi Sawitku Masa Depanku (Samade) untuk berdiskusi tentang program Sawit Rakyat (PSR). Pahala Sibuea sebagai Ketua Asosiasi SAMADE hadir memenuhi undangan tersebut.

Pembahasan sekaligus diskusi ini diadakan karena Deputi Bidang Koordinasi Pangan Musdalifah  menganggap program replanting sangat lamban dan petani tidak ada yang mengajukan untuk replanting.

Dalam diskusi tersebut yang diliput dan dirilis oleh media Sawit Plus, SAMADE memaparkan data dan kendala dilapangan yang dialami kelompok tani binaan SAMADE yang ada di Bengkulu, dimana sudah hampir 1 (satu) tahun mendapatkan rekomendasi dari Disbun tidak kunjung terrealisasi Program Sawit Rakyat untuk replanting.

Sebagaimana yang diliput Media Sawit Plus, Musdalifah meminta kepada SamaSA untuk bersinergi dalam program PSR “Replanting” karena SamaSA dianggap memiliki anggota petani dan mengetahui permasalahan yang ada di lapangan dan dalam diskusi tersebut sepakat membuat project pilot replanting disetiap provinsi.
Rakor Pengurus DPP SAMADE Beserta DPW dan DPD

Setelah diskusi tersebut para pengurus DPP SAMADE, segera berkordinasi dengan pengurus Samade yang ada di wilayah (DPW Riau, Jambi, Sumut, dan wilayah lain) untuk mempersiapkan program PSR tersebut dan mengajukannya ke Disbun kabupaten. 

Pengurus DPP SAMADE pun akan segera membentuk Ketua beserta anggota Tim Percepatan Program Sawit Rakyat (PSR) Replanting ini.

SAMADE Jaya.

Ulasan