PPKS Medan Punya Varietas Apa Saja Sih?

Assalamu'alaikum, dulur-dulur petani sawit Mandiri. Semoga kesuksesan senantiasa menghampiri setiap langkah yang kita ambil. Aamiin...

Ngomong-ngomong masalah langkah menuju sukses berkebun Sawit, tentu sangat erat hubungannya dengan pemilihan benih yang ditanam. Jika kita salah memilih benih, maka jangan berharap banyak, kecuali kita tergolong orang yang beruntung. Hehehe... Namun sebaliknya, jika kita memilih benih yang unggul, jelas asal-usulnya, maka kita selangkah sudah menapaki jalan kesuksesan.

DxP Yangambi umur 5 tahun. Milik : Sunjana MS. Jambi
Bicara masalah benih unggul, semua orang yang tau sawit, tentu tau PPKS Medan. Balai Benih milik Negara (BUMN) yg sudah berumur 101 tahun di tahun 2017 ini. Namun, tak sedikit orang yang belum tau varietas apa saja yang dimiliki oleh PPKS Medan. Taunya cuma Marehat(Aslinya Marihat) saja. Padahal varietas Marihat ini sudah lama tidak diproduksi. Artinya, jika ada orang yang menawarkan bibit varietas Marihat/Marehat, 100% itu PALSU.

Baiklah, langsung saja. PPKS Medan sampai Saat ini mempunyai 8 varietas unggul + 1 varietas tahan Ganoderma yang siap untuk dipasarkan ke seluruh belahan Nusantara, bahkan Dunia. Varietas-varietas tersebut adalah :

I. Grup Dumpy
1. Dy x P Sei Pancur 1 (SP-1) atau terkenal dengan Dumpy

4. DxP PPKS 540NG (Moderat Tahan Ganoderma)

III. Grup Yangambi
1. DxP Yangambi
2. DxP PPKS 718 (Big Bunch)
3. DxP PPKS 239 (High CPO High PKO)

IV. Grup Langkat
1. DxP Langkat

Untuk karakteristik masing-masing varietas, bisa dilihat dalam Gambar.
Sumber: iopri.org

Demikianlah sekilas pengenalan secara singkat tentang varietas unggul yang diproduksi oleh PPKS Medan. Semoga bisa semakin memperluas wawasan kita tentang bahan tanaman unggul kelapa sawit untuk membuka jalan sukses dalam berinvestasi di bidang perkebunan kelapa sawit.

Ulasan