Keistimewaan Varietas Dy x P SP-1 Dumpy PPKS

INTRO
Problem lahan pasang seperti lahan gambut adalah mudah rebahnya batang kelapa sawit dikarenakan rapuhnya permukaan tanah yang dicengkeram oleh akar. Realitanya, batang sawit memang tidak mati, namun butuh treatment khusus agar kembali normal dan produktif dengan maksimal lagi. Untuk problem tersebut, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan punya varietas Dy x P Sungai Pancur 1 (SP-1) sebagai solusinya. Berawal dari ketidaksengajaan saat melakukan persilangan, terbentuklah varietas baru yang unik, istimewa dan menguntungkan, demikian penjelasan salah satu anggota Tim Prowitra wilayah Jambi yang dikoordinir oleh pak Arsad Taher Harahap.
Keragaan yg Besar, tak mudah rebah

Dy x P SUNGAI PANCUR 1 (SP-1) / DUMPY
Varietas Dy x P Sungai Pancur 1 (SP-1) atau yang lebih dikenal dengan varietas Dumpy ini merupakan varietas kelapa sawit yang memiliki keunggulan spesifik laju pertumbuhan meninggi yang lambat (40-55 cm /tahun) dan rerata bobot tandan yang tinggi. Dengan karakter pertumbuhan meninggi yang lambat, varietas Dumpy mampu mencapai umur produksi hingga 30 tahun, lebih lama dari varietas lain. Selain pertumbuhan meninggi yang lambat, varietas Dumpy juga memiliki keragaan yang relatif lebih besar, sehingga cocok ditanam di lahan pasang surut seperti lahan gambut untuk meminimalisir terjadinya rebah.

HANYA DIMILIKI PPKS MEDAN
Varietas Dumpy merupakan hasil persilangan antara Dura Dumpy dengan Pisifera turunan SP540. Dura Dumpy merupakan mutan dari Dura Deli yang diintroduksi dari Elmina, Malaysia dan hanya dimiliki oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Varietas Dy x P SP-1 / Dumpy dirilis pada tahun 1984 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 384/Kpts/TP.204/4/1984.
Rendemen tinggi (26%)

PERFORMA Dy x P SP-1 / DUMPY
Setelah mengetahui asal-usul dari varietas Dy x P SP-1 alias Dumpy, berikut ini adalah performa keunggulan dari Varietas Dumpy:

Rerata Jumlah Tandan : 8 tandan/pohon/tahun
Rerata Berat Tandan : 25 kg/tandan
Potensi Produksi TBS : 32 ton/ha/tahun
Rendemen : 26%
Pertumbuhan Meninggi : 40-55 cm /tahun
Panjang Pelepah : 6,2 meter (sedang-panjang)
Kerapatan Tanam : 130 pohon/ha
Umur Panen Perdana : 28-30 bulan
Adaptasi di Lahan Marjinal : Baik. Cocok ditanam di lahan gambut dan pasang surut

Data potensi lebih lengkap sesuai umur dan kelas lahan, bisa dilihat pada gambar berikut ini :

Demikianlah sekilas informasi tentang varietas Dumpy yang unik dan hanya dimiliki oleh PPKS Medan. Semoga menambah wawasan kita tentang varietas unggul kelapa sawit.

Ulasan

  1. Terima kasih infonya nanti akan saya tanam jenis ini

    BalasPadam
  2. Apakah varietas dumpy juga bagus di tanam di lahan mineral

    BalasPadam

Catat Ulasan

Berkomentar lah dengan baik. Gunakan kata-kata yg tidak berbau SARA, kekerasan dan pornografi. Hindari pelampiran link-link yang tidak penting.
Terimakasih... 😊